fbpx
0%
Posted inArticle

Bagaimana Cara Membangun Online Presence di Era Digital?

Cara Membangun Online Presence

Begini Cara Membangun Online Presence di Era Digital dari awal.


Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah barang, kita pasti sering mencari brand tersebut di Google terlebih dahulu. Atau, setelah melihat sebuah film atau TV series lalu penasaran apa akun media sosial artis tersebut. Hasil dari pencarian kamu di internet itu disebut sebuah online presence.

Online presence atau kehadiran online dibangun untuk memudahkan orang mencari sebuah informasi tentang sebuah brand atau personal.

Lalu, bagaimana sih cara membangun sebuah online presence di era digital?

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Online Presence Itu Penting pada Masa Sekarang

Bagaimana Cara Membangun Online Presence di Era Digital?

Create conten plan

Cara membangun online presence pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat rencana konten. Mungkin kamu sudah memiliki media sosial atau website, tapi pernah gak ketika ditengah jalan kamu kehabisan ide meng-upload atau mem-posting konten apa lagi? Hal ini dapat disebabkan karena kamu belum membuat strategi konten.

Choose a topic

Sebelum membuat sebuah website dan media sosial, kamu dapat mencari sebuah topik yang ingin dibahas dan dibagikan kepada audience kamu. Topik atau niche ini akan menjadi sebuah north star yang akan memudahkan kamu untuk mencari ide konten.

Setelah menentukan topik dan membuat konten, saatnya untuk kamu menjadwalkan kapan waktu yang tepat untuk mem-posting konten tersebut.

Planning a timeline

Tujuannya adalah untuk membuat konten lebih terorganisir dan tidak memakan banyak waktu. Kamu juga dapat menggunakan kalender konten di Excel atau aplikasi seperti Google Calender.

Hal ini akan memudahkan kamu ketika ingin brainstorming dalam membuat konten dan membantu kamu tetap konsisten. Konsistensi juga dapat meningkatkan online presence kamu

Make a website

Website merupakan salah satu platform penting untuk membangun kehadiran online. Salah satu kegunaannya adalah, orang-orang akan lebih mudah untuk menemukan segala informasi yang lebih detail tentang kamu atau bisnis yang sedang kamu jalani.

Website juga dapat digunakan untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan kamu sehingga kamu akan terlihat kredibel di mata audience.

Selain itu, branding kamu juga akan semakin kuat dengan adanya sebuah website. Untuk membuatnya, kamu dapat menggunakan platform seperti WordPress, Wix, Ghost dll.

Optimize social media

Apa media sosial pertama yang kamu memiliki? Kamu mungkin pernah memiliki Friendster. Atau Facebook adalah media sosial yang pertama kali kamu buat.

Pesatnya perkembangan media sosial sekarang dapat dilihat dari jumlah anggota nya yang terus meningkat. Akan tetapi, kamu tidak harus memiliki semua akun media sosial yang sedang nge-trend tersebut.

Kamu cukup fokus pada satu media sosial yang memiliki anggota paling banyak. Dan juga sesuai dengan audience yang kamu target. Mengoptimasi media sosial dengan beberapa tools, akan mejadi lebih mudah membangun sebuah online presence kamu.


Ada banyak cara untuk membangun sebuah online presence. Kamu dapat memulainya dengan merencanakan konten, membangun website dan mengoptimisasi akun sosial media. Konsistensi juga diperlukan jika kamu ingin membangun online presence.

Cara Membangun Online Presence

Dahnoor Noviansyah

Dahnoor Noviansyah

He is a photographer & digital enthusiast. Loves reading non-fiction & fiction books, writes to contribute to helping people build an online presence in the digital era.

Leave a Reply